MASA MUDA MASA BERJAYA, MASA TUA MASA TAK BERDAYA

HIKMATIAR HARAHAP
MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN

Hasil gambar untuk masa muda

Berdasarkan ilmu Agama kekuatan itu hanya milik sang pencipta yakni Allah swt. Tidak ada seorang pun yang bisa melakukan sesuatu tanpa ada izin dan kekuatan dari Allah swt. Tapi mengapa di masa muda  kekuatan, keberanian serta sifat kritis, idealisme adalah ciri watak anak muda.Itu cita-cita murni seorang pemuda yang tertanam kuat dalam sanubari untuk mencapai kejayaan bagi semua ummat. Tan Malaka menyebutkan bahwa “Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki pemuda”. Kekuatan, keberanian serta sifat kritis tertanam dalam jiwa anak muda untuk melakukan terobosan dengan baik berdasarkan obyektif dan rasional. Dalam Islam sendiri melalui syair disebutkan “subbanul yaumi rijalul ghaddi” (pemuda hari ini pemimpin masa depan). Ditangan pemuda terletak segala urusan ummat, dan dikedua kakinya terletak kejayaan ummat.
“Anak muda  adalah generasi pengganti bukan generasi penerus!”. Karena pemudalah yang akan menggantikan apa-apa yang sudah terlanjur semrawut menjadi yang lebih baik, kata Rahmat Shah. Sikap diatas adalah satu arah yang harus dilalui anak muda untuk menuju dan membimbing ummat ke jalan yang baik dan benar sesuai petunjuk Agama Islam dan cita-cita Bangsa Indonesia apa yang diamanahkan konstitusi. Dalam sejarah kita lihat para pemuda ketikamasa mudanya masa penuh pengorbanan dan perjuangan yang tak terhitung jumlahnya untuk mencapai kejayaan. Anak muda dituntut berjuang melalui pikiran-pikiran yang cerdas untuk sebuah perubahan, tenaga yang berguna. Anak muda orang yang paling santun, paling beradab, menyayangi dan menghormati sesamanya dengan  baik.
Kata Bung Hatta, pemuda-pemuda murni jiwanya, mereka hanya ingin melihat pelaksanaan secara jujur apa-apa yang telah dijanjikan kepada rakyat. Peranan pemuda sebagai "agen of social  change". Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tentu sebuah tanggung jawab bersama untuk mewujudkan itu. Maka dari itu sangat diperlukan pemuda-pemuda yang sadar, yang mau peduli untuk mewujudkan fungsi maupun peranan pemuda. Itulah fungsi mendasar anak muda sebagai garda terdepan pembawa pembaharuan untuk kemaslahatan orang banyak, melalui ilmu pengetahuan dan kebenaran.  Disamping itu juga sangat diperlukan  nasehat, dukungan maupun masukan dari mereka para orang tua orang yang banyak pengalamannya. Karena pengalaman adalah guru terbaikyang akan mendewasakan serta mematahkan pikiran,supaya kita lebih hati-hati dalam mengambil dan memutuskan sesuatu.
Mungkin itulah filsafat hidup anak muda bukan untuk memperlihatkan sampai dimana kekuatan, keberanian, serta sifat kritis. Tapi hanya ingin menyuarakan maupun mengajak kita bersamauntuk melakukan melakukan pembaharuan di tatanan ummat. Ketika sejarah yang berbicaraa bagaimana perjalanan masa mudanya Presiden Soekarno dalam mengawal perjalanan Bangsa dan Negara serta mengusir penjajah dari bumi nusantara. Begitu juga R.A. Kartini dalam sejarah dia kenal sebagai pejuang hak dan derajat bagi kaumnya. R.A. kartini wafat dalam usia yang sangat muda 25 tahun. Dalam usia yang relatif singkat dia bisa membawa perubahan tatanan di masyarakat dengan hasil-hasil pemikirannya. Cita-cita mulia dan keinginan R. A. Kartini selalu dihalang-halangi masyarakat Eropa sehingga ia menuliskan surat yang di sampaikan secara pedas kepada Ny. Abendanon karena akumulasi kekecewaannya terhadap orang Eropa yang slama ini dianggapnya orang terhormat. Sehingga ia berpandangan masyarakat yang lebih menghargai keberadaan perempuan kecuali Islam.
Hasil gambar untuk masa muda
Namun seyogiyanya, anak muda harus bisa menjadi orang yang paling santun, beradab memiliki ahklak yang terpuji, tapi kuat untuk menjalankan maupun mengaplikasikannya dengan baik. Kekuatan, Keberanian, idealisme, pikiran cerdas, serta kritis sebuah cermin untuk memantulkan cahaya (perubahan) kepada ummat. Supaya orang disekelilingnya  akan lebih muda membedakan mana yang merupakan peradaban yang baik. Sehingga ummat akan menjadikannya sebagai panutan, contoh teladan dalam kehidupannya.
Harriet Beecher Stowe pernah berkata “Masa lalu, sekarang, dan yang akan datang sebenarnya satu, mereka adalah hari ini’. Pemuda adalah milik semua untuk membawa perubahan. Wahai pemuda persembahkanlah jiwa dan ragamu untuk orang banyak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UPAYA KADER HMI TERHADAP TEORI PERUBAHAN SOSIAL DAN SOLUSI

Energy Of Bersama

MILAD PPM-PALUTA KE-4 CITA-CITA DAN MANUSIA UNGGUL