Milenial Bersama Indonesia Kini


Perjalanan panjang negeri ini, dari waktu ke waktu telah dilewati oleh berbagai generasi-generasi terdahulu, sampai saat ini nama mereka tetap eksis, hidup ditengah-tengah kehidupan berbangsa. Sosok generasi yang dapat konsisten menyesuaikan diri (selaras dengan alam), kemampuan dalam berdinamika serta mampu beradaptasi dengan iklim yang menjadi tuntutan, kehendak yang ingin di capai sesuai keinginan keummatan maupun kebangsaan.
Tuntutan realitas keummatan dan kebangsaan adalah proses penempahan diri sembari menunjukkan eksistensi dan jati diri di panggung kehidupan berbangsa. Proses penempahan diri haruslah dibarengi dari sisi kualitas maupun potensi yang ada dalam jiwa masing-masing. Artinya, generasi yang siap melangkah, berlari, bergerak dan beraksi untuk kepentingan ummat dan bangsa, yang dipersiapkan untuk memimpin Indonesia kini. Menempatkan generasi milenial untuk Indonesia kini sangat tepat, dan harus terwujud sebagai bagian kekuatan untuk membangun ummat dan bangsa. Keharusannya dapat dilihat dari perspektif tuntutan kehidupan masa depan. Sebab, hitung-hitungan masa depan bukan melalui pendekatan analisis matematika yang jawabannya sudah pasti. Melainkan, masa depan yang maju, menang, sejahtera dan bahagia yang penuh perubahan bahkan kadang-kadang prediksinya pun meleset.
Disisi lain, keberlangsungan kehidupan masa depan baik dalam keummatan maupun dalam tatanan berbangsa adalah kewajiban bersama. Sehingga, menempatkan generasi milenial terbaik adalah sungguh pilihan tepat dan sesuatu yang tidak bisa ditawar-tawar, sebab dialah yang mengerti dan paham apa yang menjadi tuntutan dan jawaban untuk masa yang akan datang. Oleh karenanya, stok generasi terbaik bangsa ini masih banyak, tinggal bagaimana semua para pemangku jabatan negeri ini mau dan berani mengangkat potensi setiap generasi muda baik yang di pedesaan maupun yang tinggal di  perkotaan.
Memberdayakan generasi milenial sama halnya menyiapkan Indonesia menjadi sebuah bangsa yang maju dan berperadaban tinggi serta mampu bersaing dalam tataran global. Sederhananya, jika ingin melihat bangsa Indonesia yang maju dan mampu bersaing tentu jawaban sejauh mana generasi ini dipersiapkan dan diberi ruang keluasaan untuk menampilkan potensi dan kelebihan pribadi-pribadi. Artinya, generasi penerus yang berkualitas sehingga mampu mengaktualisasikan dirinya untuk masa depan umat dan bangsa menuju Indonesia yang maju dan menang. [H.H]

Komentar

  1. Potensi kaum mudah Indonesia dipandang cukup untuk mempersiapkan indonesia emas 2045 tetapi kesempatan yg diberikan pemerintah kepada kaum muda terkesan belum maksimal sehingga potensi itu belum mengemuka dipermukaan bila pun ada hanya sebagian kecil dr besarnya potensi yg di miliki.

    Tulisan ini cukup untuk menggugah paradigma & peluang kaum muda untuk lebih proaktif menggunakan potensi yg di miliki.

    BalasHapus
  2. Keren. Pemuda adalah tonggaknya negara. Agen of change. jangan lupa follow kembali blog saye bg hehe. Trima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

UPAYA KADER HMI TERHADAP TEORI PERUBAHAN SOSIAL DAN SOLUSI

Energy Of Bersama

MILAD PPM-PALUTA KE-4 CITA-CITA DAN MANUSIA UNGGUL