FILOSOFI WUDHU

Hasil gambar untuk air wudhu

Di susun oleh: Hikmatiar Harahap
Universitas Islam Negeri Sum. Utara Medan
Rangkaian Kegiatan Wudhu: Gerakan dan Pesan dengan Bahasa Hati
1.      Membasuh telapak tangan:
Cuci dan pijatlah kedua telapak tangan hingga pergelangan sebanyak tiga kali. Manfaat gerakan: Dapat merefeleksikan diri sendiri, karena telapak tangan terdapat banyak titik yang sangat penting bagi  kesehatan. Selain itu dapat menghindari penyakit pencernaan yang disebabkan oleh bakteri yang berada ditangan.
اللهم إني أسألك اليمن والبركة وأعوذبك من  السؤم والهلكة.
Artinya: Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keberuntungan dan keberkatan, dan aku berlindung kepada-Mu dari kesialan dan kebinasaan.
2.      Berkumur
Masukkan air kedalam mulut kemudian berkumur-kumur sehingga rongga mulut basah. Lakukan sebanyak tiga kali. Manfaat gerakan: Dapat menghilangkan kuman dan mikroba di mulut yang bersal dari sisa-sisa makanan dan mengeluarkan bau yang tidak sedap dari mulut.
3.      Menghirup air kehidung
Memasukkan air kedalam hidung dan mengeluarkannya kembeli dengan tekanan sebanyak tiga kali. Manfaat gerakan; Mampu menghilangkan debu, kuman dan kotoran-kotoran yang menpel di dalam hidung. Sehingga, bisa mengurangi penyakit influenza, radang saluran hidung dan sebagainya.
4.      Membasuh wajah
Siramlah air kewajah dan basuh dengan gerakan dari atas ke arah bawah, meliputi batas tumbuh rambut di kepala sampai ke bagian tumbuh dagu. Perlahan sambil dirasakan. Sebanyak  tiga kali. Manfaat gerakan; Menghilangkan debu dan kuman yang menempel pada wajah, termasuk didalamnya membersihkan wajah. Sehingga, dapat membersihkan kuman yang menyebabkan penyakit mata seperti; Trachoma dan lainnya. Merupakan senam wajah.
5.      Membasuk kedua tangan hingga Siku
Basuhlah kedua tangan dengan air secara merata hingga siku, mulai dari tangan kanan kemudian tangan kiri, masing-masing dilakukantiga kali. Manfaat gerakan; untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada tangan, mencegah penyakit kulit dan memberikan rasa segar, sehingga dapat menenangkan pikiran.
6.      Mengusap Kepala
Usaplah kepala mulai dari depan (tempat tumbuhnya rambut sampai kebelakang), lalu dikembalikan ke tempat awal memulainya. Manfaat gerakan; menghilangkan kotoran dan debu yang menempel di kepala dan memberikan kesegaran dari keletihan berfikir dan bekerja.
7.      Membasuh kedua telinga
Basuh kedua telinga (bagian luar dan dalam) secara bersamaan dengan memasukkan jari telunjuk pada lubang telinga dengan ibu jari berada di daun telinga dengan gerakan memutar dari bawah ke atas dengan mengulangi sebanyak tiga kali. Manfaat gerakan; menghilangkan debu yang menempel pada zat lilin yang dikeluarkan telinga, sehingga menguatkan sistem pendengaran dan peradangan kuping yang apabila menyebar ke bagian dalam mengacaukan keseimbangan tubuh.
8.      Membasuh kedua kaki
Basuhlah kaki besarta sela-sela jarinya dengan air wudhu secara merata sampai dengan mata kaki, mulai dari kanan sebanyak tiga kali, diikuti dengan yang kiri tiga kali. Manfaat gerakan; mencegah terjadinya peradangan pada sela-sela jari serta mencegah munculnya jamur kaki yang disebabkan keringat dan kotoran.[1]



[1] M. Amin Aziz, Pesan untuk Tuhan Membangun kembali Karakter Bangsa (Jakarta: Da’i Filah Qalilah, 2012), h.120-128.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UPAYA KADER HMI TERHADAP TEORI PERUBAHAN SOSIAL DAN SOLUSI

Energy Of Bersama

MILAD PPM-PALUTA KE-4 CITA-CITA DAN MANUSIA UNGGUL